Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Ancam Perangi AS Jika Tak Serahkan Fethullah Gulen

Kompas.com - 16/07/2016, 19:10 WIB

ANKARA, KOMPAS.com – Turki, Sabtu (16/7/2016), mengancam akan berperang dengan Amerika Serikat jika tidak mengekstradisi Fethullah Gulen (75), ulama yang dituding mendalangi upaya kudeta.

Ancaman itu dilakukan setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan kembali menegakkan kekuasaanya setelah penangkapan 1.440 tentara yang diduga terlibat upaya kudeta dan akhirnya gagal.

Situs berita Daily Express mengabarkan, Perdana Menteri  Binali Yildirim, telah menegaskan bahwa Turki menganggap diri berperang dengan negara mana pun yang melindungi ulama Fethullah Gulen.

"Setiap negara yang melindungi Fethullah Gulen akan menjadi musuh bagi Turki," kata Yildirin sebagaimana dirilis media Inggris tersebut, Sabtu.

Berdasarkan laporan Agence France-Presse, Gulen adalah seorang ‘pengkhotbah yang tertutup’ dan dia menetap di Pocono Mountains (Poconos), Negara Bagian Pennsylvania, AS.

Sekarang Gulen tinggal di Golden Generation Worship and Retreat Center, sebuah kompleks yang cukup luas di Saylorsburg, Poconos.

Gulen, yang selalu kritis terhadap pemerintah Turki yang dinilainya cenderung tangan besi, telah secara tetap dituding sebagai dalang setiap usaha mendirikan “negara tandingan” (parallel state) di Turki.

Pernyataan Yildirim dipandang sebagai ancaman terselubung bagi AS agar menyerah Gulen, yang mengasingkan diri ke AS sebelum dijatuhi hukuman karena dituduh mengkhianati Turki.

Jika tidak menyerahkan Gulen, AS diancam bakal menghadapi konsekuensi diplomatik atau bahkan militer, seperti dilaporkan Daily Express.

Gulen adalah pendiri gerakan Islam moderat yang melambungkan namanya, memelopori dialog antaragama dan demokrasi multi-partai.

Dahulu Gulen  adalah sekutu dekat Erdogan. Namun,  keduanya akhirnya berseberangan pandangan dalam beberapa tahun terakhir setelah Erdogan mencurigai gerakan pimpinan Gulen, media, kepolisian, dan kehakiman.

Gulen telah mengeluarkan pernyataan bahwa dia tidak terlibat dalam berbagai rencana kudeta atau kegiatan apapun di Turki.

“Saya mengutuk dengan keras upaya kudeta militer di Turki. Pemerintah harus menang dengan melakukan proses pemilihan umum yang bebas dan adil, tanpa paksaan,” kata Gulen.

Menurut Gulen, sebagai seseorang yang telah menderita karena beberapa kudeta militer selama lima dekade terakhir, tuduhan terhadap dirinya itu adalah sebuah hinaan besar.

“Saya tidak pernah merencanakan itu. Saya tegas membantah tuduhan tersebut," kata ulama moderat yang memiliki banyak pengikutinya di Turki.

Washington belum berkomentar atas pernyataan keras Turki yang disampaikan oleh PM Yildirim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com