Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2016, 15:54 WIB

Tim Redaksi

Promenade des Anglais merupakan ikon paling utama kota Nice, Perancis selatan. "Trotoar" lebar yang panjangnya sekitar 7 kilometer itu bersisian dengan Laut Mediterania.

Permukaan laut berwarna biru safir membuat pantai ini disebut pantai biru.

Setiap hari, khususnya dari sore sampai malam, Promenade selalu ramai oleh lalu lalang pejalan kaki, pelari, pemain papanskate, ataupun orangtua yang mendorong kereta bayi.

Hampir setiap perayaan besar di Nice dipusatkan di sini, seperti Hari Bastille.

Biasanya, sejak pagi hari Promenade sudah dipenuhi warga untuk menyaksikan parade militer berupa tentara yang berbaris dan kendaraan militer.

Malam harinya dilanjutkan dengan pertunjukan hiburan di sejumlah panggung besar.

Namun, puncak acara yang paling ditunggu ribuan orang adalah pesta kolosal kembang api yang menjadi simbol kebebasan.

Ketika percikan warna-warni meledak di udara, warga akan berteriak dengan penuh kegembiraan, Liberte! Egalite! Fraternite!

Namun, suasana penuh kegembiraan itu mendadak berubah menjadi jeritan horor dan kepanikan ketika sebuah truk dengan kecepatan tinggi menabrak dan melindas kerumunan. Sedikitnya 84 orang tewas.

Ruang publik

Korban tewas yang begitu banyak-dalam radius 2 km-mengundang pertanyaan, seperti apa seharusnya antisipasi pengamanan di ruang publik, yang tentunya tak semudah menjaga gedung.

Ribuan keluarga yang melepaskan kegembiraan itu menjadi target yang sangat rentan untuk aksi teroris.

Kemampuan keamanan Perancis untuk menjaga kerumunan dalam jumlah besar sebetulnya sudah dibuktikan pada penyelenggaraan Piala Eropa 2016 yang berakhir pekan lalu.

Sejak serangan Paris, 13 November 2015, yang menewaskan 130 orang, Perancis menerapkan keadaan darurat sampai 26 Juli, dan kini diperpanjang lagi selama tiga bulan.

Untuk menjaga Piala Eropa yang berlangsung selama satu bulan, di 10 kota di Perancis, dengan jumlah penonton sekitar 2,5 juta orang, diturunkan lebih dari 90.000 personel keamanan ditambah 13.000 petugas swasta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com