Kompas.com - 15/07/2016, 15:25 WIB
EditorPascal S Bin Saju

PARIS, KOMPAS.com – Para tokoh dan pemimpin dunia, Jumat (15/7/2016),  bersatu dalam mengecam serangan truk yang menewaskan sedikitnya 84 orang di Nice, Perancis.

Kebanyakan tokoh menyatakan keterkejutan mereka atas serangan teror oleh pria keturunan imigran Tunisia dengan truk besar atau lori sebagai medianya.

Presiden Amerika Serikat Barack  Obama mengecam apa yang disebutnya sebagai ‘serangan teroris yang mengerikan’, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

"Kami menyatakan solidaritas dan kemitraan dengan Perancis, sekutu tertua kami, saat mereka menyikapi dan bangkit lagi dari serangan ini,” kata Obama dalam sebuah pernyataan.

"Pada Bastille Day (Hari Nasional) ini,  kita mengingat kembali ketahanan yang luar biasa dan nilai-nilai demokrasi yang telah membuat Perancis menjadi inspirasi bagi seluruh dunia,” katanya.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, yang telah berada di Paris sejak pagi untuk mengikuti parade Hari Nasional, mengatakan, AS akan terus berdiri tegak bersama rakyat Perancis.

Kerry mengatakan, terkait tragedi terbaru ini AS akan terus memberikan dukungan apa pun yang dibutuhkan Perancis.

Vatikan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Gereja ‘mengutuk dalam kata-kata yang paling kuat’ terhadap serangan mematikan di Nice.

Kanselir Jerman, Angela Merkel menegaskan, negaranya akan berdiri bersama Perancis dalam memerangi terorisme.

Merkel mengatakan, sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata apa yang dirasakan oleh sekutunya, Perancis. “Jerman akan berdiri di sisi Perancis dalam memerangi terorisme,” katanya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.