Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali dalam 9 Tahun, Israel Buka Perbatasan Erez ke Jalur Gaza

Kompas.com - 13/07/2016, 21:36 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel, Rabu (13/7/2016), mengumumkan akan membuka sebuah pintu perbatasan penting antara Jalur Gaza dan Israel untuk pertama kali dalam sembilan tahun.

"Pintu perbatasan Erez akan dibuka agar berbagai barang bisa masuk ke Jalur Gaza mulai Kamis," kata juru bicara COGAT, sebuah badan pemerintah Israel yang mengurus kebijakan terkait Palestina.

"Langkah ini diambil untuk memfasilitasi para importir Palestina sekaligus membantu perekonomian Jalur Gaza," tambah si juru bicara.

Sejak 2007, pemerintah Israel menutup pintu perbatasan Erez untuk warga Palestina. Sejak saat itu semua barang-barang masuk ke Palestina melalai pintu perbatasan Kerem Shalom di sisi selatan Gaza.

Terletak di sisi utara Jalur Gaza, pintu perbatasan Erez terletak lebih dekat dengan sejumlah kota besar Israel dibanding Kerem Shalom. Sehingga berbagai barang lebih mudah dibawa masuk ke Palestina dari kota-kota pelabuhan Israel misalnya kota Ashdod.

Selama satu dekade, Israel melakukan blokade terhadap Jalur Gaza. Israel beralasan blokade harus dilakukan untuk mencegah Hamas, yang memerintah Gaza, membangun kekuatan militernya.

Menurut Bank Dunia dan PBB, blokade itu membuat Gaza sama sekali tak bisa melakukan ekspor dan mematikan perekonomian di daerah kantung Palestina yang kecil itu.

Sebanyak 1,9 juta orang tinggal di Jalur Gaza yang sempit, terjepit di antara Mesir, Israel dan Laut Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com