Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Akan Minta Maaf Terkait Genosida di Namibia Satu Abad Lalu

Kompas.com - 13/07/2016, 20:14 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman berencana untuk meminta maaf terkait aksi genosida terhadap warga sebuah suku asli Namibia satu abad lalu.

Namun, Kementerian Luar Negeri Jerman menegaskan, permintaan maaf itu tidak akan membuat Jerman harus membayarkan kompensasi kepada Namibia.

"Kami sedang mempersiapkan deklarasi bersama berdasarkan beberapa elemen berikut yaitu kesepakatan soal peristiwa sejarah dan permintaan maaf Jerman atas tindakannya di Namibia," kata juru bicara Kemenlu Jerman, Sawsan Chebli, Rabu (13/7/2016).

Pernyataan bersama pemerintah Namibia dan Jerman ini akan menjadi dasar sebuah resolusi parlemen, tetapi langkah ini tidak akan dijadikan sebagai landasan tuntutan hukum terhadap Jerman.

Jerman menjajah Namibia, yang dulu disebut dengan nama Afrika Barat Daya dari 1884 hingga 1915.

Pembantaian itu dipicu kemarahan warga suku Herero karena para pemukim asal Jerman mencuri tanah dan ternak mereka serta menculik para perempuan suku itu.

Puncaknya, suku Herere mengobarkan perlawanan bersenjata pada Januari 1904 dengan membunuh 123 warga sipil Jerman dalam beberapa hari. Pemberontakan semakin besar setelah suku Nama bergabung untuk melawan Jerman pada 1905.

Pemerintah kolonial membalas revolusi ini dengan kejam dan Jenderal Lothar von Trotha memerintahkan pemusnahan seluruh suku Herero.

Setelah ditangkapi dan ditahan, ribuan warga suku Nama dan Herero tewas karena kelaparan dan cuaca buruk di kamp-kamp tawanan. Tentara Jerman lalu memenggal jasad ratusan warga suku Herero dan Nama dan mengirimkan tengkorak mereka ke Jerman untuk dijadikan bahan penelitian ilmiah.

Saat pemberontakan dimulai pada Januari 1904 terdapat 80.000 orang suku Herero hidup di Namibia. Setelah pemberontakan berakhir, hanya tersisa 15.000 orang warga suku tersebut.

Pada 2011, Jerman mengembalikan puluhan tengkorak warga suku Herero ke pemerintah Namibia. Namun, Jerman bersikukuh tak mau membayar kompensasi dengan alasan sudah memberi bantuan jutaan euro kepada Namibia sejak negeri itu merdeka dari Afrika Selatan pada 1990.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com