Kompas.com - 12/07/2016, 17:26 WIB
EditorErvan Hardoko

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Pemerintah Etiopia memblokir berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Viber selama penyelenggaraan ujian masuk perguruan tinggi di negeri itu.

Pemblokiran ini ditujukan agar para calon mahasiswa bisa lebih fokus dan tidak terganggu ketika menyiapkan diri mengikuti tes.

"Ini tindakan yang bersifat sementara, yang kami terapkan hingga Rabu. Media sosial terbukti bisa mengganggu konsentrasi para peserta ujian," kata Getachew Reda, juru bicara pemerintah Etiopia.

Pemblokiran dilakukan ketika muncul rumor adanya kebocoran soal ujian dan diedarkan lewat internet.

Etiopia termasuk satu dsri beberapa negara di Afrika yang menyensor internet, termasuk memblokir secara berkala blog milik oposisi dan situs-situs kelompok hak asasi manusia.

Seorang wartawan di Ethiopia kepada BBC mengatakan bahwa 'pemblokiran media sosial ini hanyalah langkah awal'.

"Pemerintah di sini ingin sekali mengontrol media sosial," kata wartawan yang tidak ingin disebut namanya.

"Mereka akan mengambil pelajaran. Jika ke depan ada aksi protes, mungkin saja pemerintah akan menutup internet," jelasnya.

Daniel Berhane, editor majalah Horn Affairs, menggambarkan tindakan pemerintah 'sebagai preseden yang berbahaya'.

"Tak ada transparansi dan kita tak tahu siapa yang bertanggung jawab. Kita juga tak tahu sampai kapan pemblokiran diterapkan," katanya di Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.