Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rivalnya Mengundurkan Diri, Theresa May Calon Kuat PM Baru Inggris

Kompas.com - 11/07/2016, 19:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Theresa May menjadi calon tunggal perdana menteri baru Inggris, setelah satu-satunya rival mengundurkan diri di tengah gejolak politik pasca-referendum Brexit, Senin (11/7/2016).

Andrea Leadsom, yang dihujani kritik karena menyebut dirinya lebih berkualitas dibanding Theresa May karena memiliki anak, mengatakan, pertarungan jangka panjang menuju tampuk kekuasaan bukanlah keinginannya.

"May secara ideal harus berkuasa untuk mengimplementasikan Brexit sebaik-baiknya untuk rakyat Inggrism" kata Leadsom dalam pernyataan pengunduran dirinya dari persaingan di Partai Konservatif.

Setelah referendum menyatakan Inggris harus keluar dari Uni Eropa, PM David Cameron langsung menyatakan mundur dari jabatannya. Pengganti sang perdana menteri akan diumumkan pada 9 September mendatang.

Meski kini Theresa May adalah satu-satunya kandidat kuat pemimpin Partai Konservatif, belum dapat dipastikan apakah dia akan secara otomatis menggantikan Cameron, atau para politisi Partai Konservatif akan memilih satu kandidat lain untuk menantang Theresa.

Theresa May (59), yang kini menjabat menteri dalam negeri, berpeluang besar menjadi perdana menteri perempuan pertama setelah Margaret Thatcher.

Dia sudah melangsungkan kampanye dengan menjanjikan akan memimpin Inggris keluar dari Uni Eropa dan tidak mendukung para penentang Brexit.

"Brexit berarti Brexit dan kita akan menyukseskan hal itu," ujar Theresa dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Tak akan ada upaya untuk mempertahankan Inggris di dalam Uni Eropa, juga tak ada upaya bergabung kembali lewat pintu belakang dan tak akan ada referendum kedua," tambah dia.

"Saya akan memastikan Inggris benar-benar keluar dari Uni Eropa," lanjut Theresa.

Dia menjanjikan, akan menggelar pembicaraan resmi terkait proses meninggalkan Uni Eropa pada akhir tahun ini meski para pemimpun UE mendesak agar Inggris bergerak cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com