Kompas.com - 11/07/2016, 16:43 WIB
EditorErvan Hardoko

OTTAWA, KOMPAS.com - Sekelompok biksu Buddha di Kanada membeli 270 kilogram lobster untuk dikembali ke alam bebas.

Para biksu dari Great Enlightenment Institute Society itu, membeli ratusan kilogram lobster itu dari berbagai lokasi di Pulau Prince Edward di wilayah timur Kanada.

Mereka kemudian membawa lobster-lobster itu ke tengah laut dan melepaskan mereka di pesisir Pulau Wood, sebuah komunitas nelayan kecil di sisi selatan Pulau Prince Edward.

Venerable Dan, juru bicara kelompok biksu itu mengatakan, tujuan kegiatan kni adalah untuk menumbuhkan kasih sayang tak hanya untuk lobster tapu juga untuk umat manusia.

Saat diwawancara CBA News sebelum pelepasan lobster, Dan mengatakan, dia berharap, hewan-hewan itu bisa menemukan tempat di mana tak terdapat perangkap yang menanti mereka.

"Kami menghormati pilihan makanan setiap orang, jadi kami melakukan ini bukan untuk menjadikan semua orang menjadi vegetarian," ujar Dan.

"Tujuan semua ini adalah untuk menumbuhkan kasih sayang kepada sesama, tak harus lobster. Kasih sayang bisa ditunjukkan kepada cacing, lalat, atau binatang lain. Berkendara dengan hati-hati sehingga kita tak melindas hewan kecil, misalnya," tambah Dan.

Sebelum melepaskan ratusan lobster itu, para biksu itu menggelar ritual selama 20 menit berisi doa dan pujian kepada Buddha atas kasih sayang yang diberikannya.

Menurut komunitas ini, penduduk pulau termasuk para nelayan sangat mendukung aksi tersebut, bahkan membantu para nelayan menemukan tempat terbaik untuk melepaskan lobster-lobster itu.

Komunitas biksu ini sudah tinggal di Pulau Prince Edward selama delapan tahun. Ratusan biksu datang ke pulau ini dari Asia setiap tahun untuk mempelajadi agama Buddha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.