Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi NATO, Rusia Kerahkan Tentara ke Perbatasan Baltik

Kompas.com - 06/07/2016, 15:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengerahkan personel militernya di Eropa Timur, terutama ke perbatasan dengan negara-negara Baltik, menghadapi Perang Dingin baru dengan NATO.

Rusia memobilisisasi personel, truk dan berbagai peralatan militer ke berbagai pangkalan militer di Kaliningrad, sebuah pos terdepan di antara Polandia dan Lithuania.

Penjagaan keamanan di sejumlah basis militer ditingkatkan dan lokasi-lokasi radar baru sedang dibangun. Bahkan tersiar kabar Rusia juga mempersiapkan sistem anti-rudal dan pesawat terbang di Kaliningrad.

Mobilisasi ini digelar karena Rusia yakin perbatasan mereka berada di dalam bahaya terkait dengan semakin dekatnya pasukan Nato dengan perbatasan negeri itu.

Kehadiran militer Nato di perbatasan dengan Rusia agaknya akan semakin tinggi ketika negara-negara anggota Nato menggelar pertemuan di Warsawa, Polandia, pada 8 Juli mendatang.

Menurut Nato, Rusia tengah mempersiapkan rudah-rudal darat ke udara di Kaliningrad sebagai upaya untuk menghalangi jalur udara Nato ke tiga negara Baltik dan sejumlah daerah di Polandia.

"Saat membahas ancaman di kawasan Kaliningrad, maka kita juga membicarakan peningtakan intensitas ancaman Rusia belakangan ini," kata Menteri Pertahanan Poldandia Antoni Macierewicz.

Sementara itu, Moskwa mengatakan, tidak memiliki niat untuk mengancam Nato, tetapi peningkatan pertahanan tersebut dilakukan setelah kehadiran pasukan Nato di Laut Baltik meningkat.

Akhir Juni lalu tersiar kabar bahwa Rusia akan mengerahkan rudal Iskander yang mampu membawa hulu ledak nuklir di pangkalan militer Kaliningrad pada 2019.

Langkah ini dilakukan Rusia sebagia respon atas rencana penempatan sistem tameng rudal As di sekitar wilayah tersebut.

Ketegangan antara negara-negara Nato dan Rusia meningkat sejak intervensi Rusia di Ukraina pada Februari 2014 yang dikecam para pemimpin dunia.

Sementara itu, Nato segera mengerahkan batalion multinasional berkekuatan 4.000 personel ke negara-negara Baltik dan Polandia untuk meningkatkan pertahanan Nato menghadapi Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com