Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Anggota Senat Haiti Dalangi Serangan Tewaskan Satu Polisi

Kompas.com - 05/07/2016, 09:45 WIB

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com  - Polisi Haiti, Senin (4/7/2016), mengumumkan, calon anggota Senat, Guy Philippe, adalah dalang serangan bersenjata ke pos polisi yang menewaskan satu polisi dan melukai dua lainnya, 15 Mei lalu.

“Serangan ini direncanakan dalam pertemuan yang digelar oleh terduga pelaku yang menyamar sebagai anggota mantan Angkatan Bersenjata Haiti di bawah naungan Guy Philippe," kata polisi penyidik Haiti, seperti dilaporkan kantor berita AFP, Selasa (5/7/2016).

Penyidik merujuk pada serangan mematikan di pos polisi pada 15 Mei lalu, yang melibatkan 50 penyerang bersenjata. Angkatan Bersenjata Haiti sebenarnya telah dibubarkan pada tahun 1995.

Apara kepolisian Haiti meminta pengadilan setempat untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Philippe bersama dengan 20 orang lainnya.

Namun, Philippe menyangkal keterlibatannya dalam serangan itu. Pos polisi yang diserang puluhan orang bersenjata  hampir dua bulan silam itu terjadi di pos polisi kota Les Cayes, Haiti selatan.

Para penyerang meninggalkan tempat kejadian dengan 20 senjata dan rompi polisi antipeluru.

Salah satu penyerang tewas dalam bentrokan itu dan tiga orang lainnya tewas dalam kecelakaan mobil saat mereka melarikan diri.

Philippe, seorang mantan tentara berusia 48 tahun, dilaporkan terlibat dalam pemberontakan bersenjata pada tahun 2003 dan 2004 yang menyebabka mantan Presiden Jean-Bertrand Aristide melarikan diri ke pengasingan.

Negara termiskin di Amerika itu telah terperosok dalam krisis politik sejak pemilihan presiden dan legislatif yang kontroversial pada Oktober tahun lalu.

Haiti telah menunda beberapa kali pemungutan suara legislatif putaran kedua. Namun, telah dijadwal ulang untuk menggelarnya lagi pada 9 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com