Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Segera Bangun 80 Pulau Karang di Perbatasan Maritim

Kompas.com - 04/07/2016, 22:25 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Pemerintah Korea Selatan berencana membangun 80 pulau karang buatan di dekat perbatasan maritim de facto dengan Korea Utara.

Upaya itu  sebagai usaha untuk menghambat penangkapan ikan illegal oleh kapal-kapal China.

Kantor berita Yonhap, Senin (4/7/2016), melaporkan, pulau karang buatan itu akan dibangun di Laut Kuning dekat Garis Batas Utara (NLL) yang disengketakan dengan biaya 7 juta dollar AS atau setara Rp 91,1 miliar.

Pulau-pulau karang baru itu akan dibangun di tengah-tengah keadaan yang semakin mendesak untuk melawan kapal-kapal nelayan China yang makin agresif mencuri ikan.

Kapal-kapal nelayan China, kata Seoul, masuk secara illegal ke daerah perikanan Korea Selatan. Menurut Yonhap, kapal-kapal itu tampaknya memanfaatkan keengganan petugas Penjaga Pantai Korea Selatan untuk dengan giat menindak kapal-kapal China dekat NLL.

Jika terjadi pertemuan mungkin akan memicu bentrokan yang tidak disengaja dengan Korea Utara. Pyongyang tidak dengan resmi mengakui perbatasan maritimnya dengan Korea Selatan.

Bulan lalu, nelayan setempat menyeret dua kapal nelayan China yang menangkap kepiting tidak jauh ke selatan NLL dan menyerahkan mereka kepada pihak berwenang Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com