Kompas.com - 01/07/2016, 09:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

LONDON, KOMPAS.com - Sepasang Harimau Sumatera yang tergolong dalam spesies langka, dilahirkan di Kebun Binatang, London, Senin lalu.

Pada Kamis (30/6/2016), pihak pengelola kebun binatang tersebut membagikan video berisi rekaman proses kelahiran harimau dari betina bernama Melati tersebut. Video ini diunggak ke laman Youtube. 

Seperti diberitakan UPI.com, rekaman kelahiran itu diberik tajuk "two of the world's rarest tigers".

"Ini merupakan kabar yang luar biasa untuk keberadaan Harimau Sumatera, sebuah spesies yang selama ini menjadi perhatian program konservasi ZSL di Indonesia," ungkap Andjar Rafiastanto, selaku Country Manager Kebun Binatang ZSL London Zoo untuk Indonesia.

Bayi harimau pertama dilahirkan oleh harimau berusia tujuh tahun itu pada pukul 9.19 waktu London. Kemudian pada pukul 10.02 lahir bayi harimau kedua.

Kelahiran ini terjadi setelah masa kehamilan selama 108 hari.

"Kami sangat berbahagia dengan kelahiran ini, dan bagaimana melihat Melati merespons kedua anaknya," kata Assistant Curator of Mammals, Teague Stubbington.

Sejauh ini, staf di kebun binatang London terus memantau kehidupan hewan langka ini. Mereka memasang sistem kamera nirkabel bernama "cubcam."

Dengan "cubcam", petugas dapat memnatau perkembangan kedua bayi harimau itu selama 24 jam, tanpa harus mengganggu kehidupan induk dan pejantannya.

"Hal ini sekaligus mendukung upaya agar induk harimau tersebut dapat segera kembali hamil," kata Stubbington.

"Salah satu dari kamu selalu bertugas untuk mengamati perkembangan kedua harimau kecil itu sepanjang malam. Harimau jantan, bapak dari kedua hewan ini, Jae Jae ternyata juga melakukan hal yang sama," kata dia lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.