Kompas.com - 30/06/2016, 15:33 WIB
EditorErvan Hardoko

HELSINKI, KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan, Finlandia adalah negara paling progresif dalam masalah-masalah sosial di dunia. Sementara, dari 133 negara yang diteliti, Republik Afrika Tengah (CAR) berada di posisi terbawah.

Negara Skandinavia ini mendapatkan nilai tertinggi dari 133 negara dalam penelitian yang dilakukan Inisiatif Kemajuan Sosial (SPI) untuk mengetahui kemampuan setiap negara memenuhi kebutuhan sosial dan lingkungan warganya.

Di urutan lima besar masih ditempati negara-negara maju dan kaya. Tepat di bawah Finlandia terdapat Kanada disusul Denmark, Australia dan Swiss.

Meski negara kaya cenderung mendapatkan nilai yang tinggi dibanding yang kurang kaya, tetapi AS menjadi anomali dalam daftar ini.

Amerika Serikat secara GDP berada di atas Finlandia dan Kanada, namun posisi negeri ini berada jauh di bawah kedua negara tersebut yaitu di posisi ke-19.

Sementara itu, CAR, yang menderita akibat perselisihan politik dan etnis, menjadi juru kunci bersama dengan Afganistan, Chad, Angola dan Niger.

"Data yang kami rilis ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi secara umum menghasilkan hal-hal yang baik," kata Michael Green, direktur eksekutif SPI.

"Data ini bukan keseluruhan cerita dan khususnya saat masuk ke isu toleransi. Nampaknya semakin kaya sebuah komunitas justru kita semakin kurang toleran," ujar Green.

"Yang kita butuhkan adalah solusi lain, kebijakan baru dan itu adalah tantangan bagi semua negara baik yang kaya maupun yang miskin," lanjut Green.

Lalu di mana posisi Indonesia dalam daftar ini? Jika dilihat dari perkembangan sosialnya Indonesia menempati peringkat ke-82 dari 133 negara.

Indonesia berada di bawah Malaysia (50), Thailand (61) dan Filipina (68). Indonesia hanya lebih baik dari Kamboja (97), Laos (102) dan Myanmar (110).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.