Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peramal Buta dari Bulgaria Pernah Sebut Bubarnya Uni Eropa

Kompas.com - 29/06/2016, 11:58 WIB

SOFIA, KOMPAS.com - Keluarnya Inggris dari Uni Eropa sebenarnya sudah diprediksi seorang peramal tuna netra dari Bulgaria sejak beberapa tahun yang lalu.

Dia pernah mengatakan bahwa Eropa yang seperti saat ini akan "bubar" pada akhir 2016. Bisa saja referendum Brexit merupakan awal dari ramalan ini.

Baba Vanga yang berjuluk Nostradamus dari Balkan karena keakuratan ramalannya sudah meninggal dunia pada 1996 dalam usia 85 tahun.

Dia dikenal karena meramalkan terjadinya tragedi 9/11, tsunami Aceh, kemunculan ISIS dan kini diyakini juga meramalkan pecahnya Uni Eropa.

Ramalan Baba soal tragedi WTC New York konon berasal dari pernyataan yang dibuat perempuan itu pada 1989.

"Horor, horor! Amerika akan runtuh setelah diserang burung -burung besi. Para serigala akan melolong di sesemakan dan darah orang tak bersalah akan ditumpahkan," ujar Baba.

Baba bahkan meramalkan Eropa akan ditinggalkan nyaris semua penduduknya yang membuat benua ini menjadi kawasan kosong yang tak bisa menyokong kehidupan.

Mereka yang percaya dengan ramalan Baba juga mengkhawatirkan ramalannya soal invasi militan Islam ke Eropa akibat dari gelombang Arab Spring pada 2010 dan konflik Suriah.

Dia bahkan meramalkan Eropa akan menjadi kekalifahan Islam pada 2043, komunisme akan bangkit pada 2076 dan perang di Mars pada 3005.

Namun, kelompok yang skeptis meyakini sejumlah orang memelintir ramalan Baba sehingga nampak sangat nyata.

Apakah Baba pernah salah meramal? Ternyata ramalannya untuk Piala Dunia 1994 meleset. Dia meramalkan final akan diisi dua negara dengan huruf depan "B".

Nyatanya, babak final diisi Brasil dan Italia yang dimenangkan tim Samba lewat drama adu penalti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com