Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris David Cameron Akan Letakkan Jabatan pada Oktober 2016

Kompas.com - 24/06/2016, 15:20 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengatakan, ia akan meletakkan jabatan pada Oktober mendatang setelah rakyat memilih keluar dari Uni Eropa.

"Saya tidak berpikir itu akan tepat bagi saya menjadi kapten yang mengarahkan negara kita ke tujuan berikutnya," katanya di luar kantornya di Downing Street, Jumat (24/6/2016).

Cameron selama ini giat berkampanye untuk mengajak seluruh rakyat Inggris agar memilih “remain” atau tetap bertahan di blok UE.  Namun, hasilnya justru tidak seperti yang dia harapkan.

Sebanyak 51,9 persen rakyatnya memilih untuk  “leave” atau keluar dari UE, di mana Inggris telah bergabung selama 43 tahun sejak blok 28 negara itu dibentuk tahun 1957 atau 60  tahun silam.

Hanya 48,1 persen suara yang memilih agar Inggris tetap tinggal di UE.  Meski telah menyatakan akan mundur, Cameron berjanji untuk terus mengawal pasca-referendum hingga Oktober.

Cameron mengatkan, penggantinya harus melakukan proses formal bagi Inggris dan mempersiapkan berbagai langkah untuk Inggris benar-benar bisa keluar dari UE.

"Saya juga akan meyakinkan warga Inggris yang tinggal di negara-negara Eropa dan warga Eropa yang tinggal di sini bahwa tidak akan ada perubahan langsung dengan kehidupan Anda," katanya.

Diapit oleh istrinya Samantha, Cameron mengatakan ia telah berjuang untuk mempertahankan keanggotaan Inggris di UE  dari "kepala, hati dan jiwa, semuanya dipertaruhkan”.

"Rakyat Inggris telah membuat keputusan yang sangat jelas untuk mengambil jalan yang berbeda dan dengan demikian, saya pikir negara membutuhkan kepemimpinan baru atas jalan ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com