Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Pukul Mundur Pasukan Suriah dari Raqqa

Kompas.com - 21/06/2016, 11:17 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin (20/6/2016), dikabarkan memukul mundur pasukan Pemerintah Suriah dari provinsi Raqqa dan menewaskan 40 prajurit Suriah.

Lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) mengatakan, ISIS melancarkan serangan balik cepat pada Minggu (19/6/2016) malam, menyusul gempuran pasukan Suriah ke provinsi Raqqa pada 3 Juni lalu.

Sejak saat itu, pasukan Suriah berhasil maju sejauh 20 kilometer dan sudah mendekati kota Tabqa, 50 kilometer sebelah barat kota Raqqa.

"ISIS sukses memukul mundur pasukan rezim Suriah dari perbatasan administratif provinsi Raqqa dalam sebuah serangan balik kilat," demikian SOHR.

SOHR menambahkan, ISIS mengirimkan tambahan pasukan dari ibu kota de facto-nya, Raqqa, untuk mempertahankan kota Tabqa, yang memiliki sebuah bendungan dan pangkalan udara.

"Lebih dari 40 prajurit rezim Suriah tewas," ujar SOHR yang mengandalkan informasi dari jejaringnya di Suriah.

Pada awal Juni lalu, pasukan Suriah disokong serangan udara Rusia, bergerak maju ke kota Raqqa untuk pertama kali sejak 2014. Pasukan Suriah mengincar bendungan terbesar di kota Tabqa yang terletak di tepi Sungai Efrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com