Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat AS Akan Lakukan Voting soal Pengawasan Senjata Api

Kompas.com - 20/06/2016, 22:00 WIB

KOMPAS.com -  Sepekan setelah penembakan massal di sebuah klub malam kaum gay di Orlando, Florida, Senat Amerika Serikat diprediksi akan melakukan voting mengenai beberapa proposal untuk mencegah penjualan senjata api.

Hal ini demi menghambat penjualan kepada para pelaku teroris dan meluaskan pemeriksaan terhadap orang-orang yang membeli senjata api di Amerika Serikat.

Kendati demikian, belum jelas apakah legislasi mengenai pengawasan senjata api itu dapat lolos di Kongres. Sebab, mayoritas anggota Fraksi Republik menyatakan terorisme yang diilhami kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) adalah penyebab penembakan di Orlando itu.

“Kita belum berbuat apapun. Sama sekali belum. Saya sudah muak dengan pembantaian orang-orang tak berdosa yang terus berlangsung, dan saya muak dengan tak adanya tindakan apapun dari Senat,” kata Senator Chris Murphy.

Para anggota Demokrat menguasai podium Senat selama 15 jam, menuntut dilakukannya voting legislasi mengenai penanggulangan kekerasan dengan senjata api yang telah lama terhenti.

“Cukup. Cukup. Cukup. Kita tidak dapat terus bersikap biasa-biasa saja di lembaga ini,” kata Senator Cory Booker.

Fraksi Republik menegaskan, fokus mengenai pengawasan senjata api telah salah kaprah.

“Kita memerlukan strategi untuk mengalahkan ISIS, yang menjadi inspirasi bagi serangan-serangan di dalam negeri ini,” kata Senator John Cornyn dari fraksi Republik.

Tetapi fraksi Republik setuju untuk mengadakan pemungutan suara pada hari Senin (20/6/2016) atau Selasa WIB.

“Kami menerima komitmen dari fraksi Republik untuk mengadakan voting mengenai dua legislasi: satu, yang memperluas jumlah pemeriksaan latar belakang yang dilakukan," kata Senator Chris Murphy.

"dan kedua, legislasi yang membuat teroris dikeluarkan dari daftar orang-orang yang dapat membeli senjata api,” imbuh Murphy.

Senat juga diperkirakan akan melakukan voting mengenai legislasi alternatif dari fraksi Republik yang menguraikan hak-hak pemilik senjata api.

“Kita tidak menghendaki teroris dapat ke toko senjata dan membeli senjata. Dan kita tidak ingin hak-hak amendemen II seorang warganegara yang tak bersalah dan taat hukum ditolak karena ia keliru masuk daftar teroris. Ini bukan perkara sulit,” kata Senator Pat Toomey dari partai Republik.

Senat kemungkinan besar tidak akan mengambil tindakan mengenai pengawasan senjata api, apa lagi DPR.

Baca: Tak Adil, Anakku Tewas dengan Cara Seperti Itu...

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com