Kompas.com - 20/06/2016, 06:00 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Yang Fenglan (66), pernah menyebut dirinya sebagai contoh terbaik persahabatan antara China dan Tanzania.

Namun, empat dekade setelah perempuan itu mengunjungi Tanzania, Fenglan terancam hukuman penjara 30 tahun karena menyelundupkan ratusan gading gajah.

Saat diajukan ke pengadilan, Fenglan terlihat seperti sosok perempuan tua yang rapuh. Media massa China menyebut Fenglan adalah kambing hitam untuk kepentingan politik pemerintah Tanzania.

Namun di Tanzania, di mana Fenglan dikenal dengan julukan "Ratu Gading", perempuan itu dituduh menjadi pemimpin sebuah jaringan penyelundup gading internasional.

Jaringan ini, menurut pemerintah Tanzania, bertanggung jawab atas penyelundupan gading gajah dengan nilai total 2,5 juta dolar AS dari negeri Afrika Timur itu ke berbagai negara, termasuk China.

"Yang Fenglan secara sengaja mengorganisasi, mengelola dan mendanai sebuah jaringan kriminal dengan cara mengumpulkan, mengangkut atau mengekspr serta menjual gading seberat 1.889 ton," demikian dokumen pengadilan seperti dikabarkan Reuters.

Yang Fenglan diajukan ke pengadilan pekan ini dengan tuduhuan telah menyelundupkan 706 buah gadinng gajah antara 2000-2004. Dan, Fenglan membantah semua tuduhan itu.

Sementara itu, sebuah organisasi yang berbasis di AS, Elephant Action League, menggambarkan Yang Fenglan sebagai perempuan "yang amat jahat".

"Ini adalah berita yang sudah kami nanti selama bertahun-tahun," kata pendiri organisasi ini, Andrea Crosta, saat Yang didakwa Oktober tahun lalu.

"Kita harus mengakhiri masa-masa mereka tak tersentuh (hukum) jika kita ingin menyelamatkan gajah," tambah Crosta.

Halaman:
Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.