Kompas.com - 19/06/2016, 21:41 WIB
EditorErvan Hardoko

HARARE, KOMPAS.com - Pemerintah Zimbabwe yang mengalami kesulitan keuangan telah mengumumkan menunda pembayaran gaji  untuk personel militer dan polisi pada Juni setidaknya selama dua pekan.

Anggota militer baru akan menerima gaji pada 27 Juni dan polisi tiga hari sesudahnya, seperti disampaikan Kementerian Keuangan Zimbabwe.

Sementara itu, para pegawai dari berbagai departemen lainnya akan menerima gaji bulan Juni pada pertengahan Juli.

Biasanya, anggota militer yang merupakan pendukung utama pemerintahan Presiden Robert Mugabe, tak pernah mengalami keterlambatan pembayaran gaji.

Selama setahun terakhir, keterlambatan pembayaran gaji untuk pegawai negeri sudah kerap terjadi, tetapi inilah kali pertama keterlambatan terjadi cukup lama.

Pemerintah Zimbabwe kini berada di bawah tekanan Dana Moneter Internasional (IMF) agar memangkas anggaran gaji pegawai yang menghabiskan 80 persen pendapatan pemerintah.

Saat ini terdapat 554.000 pegawai negeri, menurut angka yang diserahkan kepada parlemen oleh Menteri Keuangan Patrick Chinamasa. Sebanyak 40.000 orang di antaranya adalah anggota militer.

Saat ini Zimbabwe tak memiliki mata uang resmi setelah nilai tukar dolar Zimbabwe sangat rendah.

Kini sehari-hari warga menggunakan mata uang dolar AS dan mata uang negara lain yang beredar di negeri tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.