Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Anggota Parlemen Inggris Ditembak Mati

Kompas.com - 17/06/2016, 08:01 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Jo Cox (41), perempuan anggota parlemen Inggris dari partai oposisi utama, Partai Buruh, tewas ditembak seorang pria, Kamis (16/6/2016) di London.

Pria pelaku tersebut menggunakan pistol dan juga pisau ketika melakukan serangan terhadap Jo Cox pada Kamis siang di sebuah jalan di Inggris utara, seperti dilaporkan BBC News.

Serangan itu menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya serangan tunggal oleh para simpatisan atau anggota kelompok teroris internasional, yakni militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Akibat serangan itu, kampanye menjelang referendum pada 23 Juni tentang nasib keaganggotan Inggris di Uni Eropa untuk sementara dihentikan.

Polisi mengatakan,  anggota parlemen Jo Cox, ibu dari dua anak, meninggal pada Kamis siang pukul 13.48 waktu setempat, setelah sempat dirawat di RS Leeds.

Politisi Partai Buruh itu sedang melakukan kunjungan mingguan rutin untuk menemui konstituennya ketika dia diserang, Kamis siang.

Polisi mengaku telah menangkap pelaku, seorang pria berusia 52 tahun, di Market Street Birstall, Yorkshire Barat, Inggris utara.

Aparat keamanan menolak untuk mengidentifikasi tersangka pelaku. Namun, laporan-laporan media lokal menyebutkan, tersangka bernama Thomas Mair atau Tommy Mair.

Para saksi mata mengatakan, sebuah rumah yang dicari tim polisi forensik adalah milik Mair, yang bekerja tukang kebun dan menggambarkan dia sebagai seorang penyendiri.

Sebuah laporan koran lokal yang pernah dirilis pada 2010 menyebutkan, Pak Mair menderita gangguan mental. 

Seorang saksi mata kepada televisi Sky News mengatakan, Jo Cox  sedang berusaha melerai dua pria yang bertengkar. Salah seorang dianaranya mengeluarkan pistol dan menembaknya.

Ketua Partai Buruh, Jeremy Corbyn, mengatakan amat terkejut dengan insiden tersebut dan menyatakan kesedihannya. 

Polisi menyelidiki kasus tersebut. Namun, pelaku tidak ada kaitannya dengan kelompok teror.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com