Kompas.com - 11/06/2016, 08:49 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

LOUISVILLE, KOMPAS.com - Tak kurang dari 100.000 orang berbaris di sepanjang tepian jalan di Kota Louisville, Kentucky, Jumat (10/6/2016) atau Sabtu WIB. 

Mereka berjajar dengan membawa berbagai tulisan, sambil meneriakkan, "Ali.. Ali.." ketika mobil jenazah yang membawa peti mati berwarna merah "cherry" melintas.

Sembilan anak Ali, bersama istrinya, Lonnie, serta dua mantan istri Ali, bersama anggota keluarga dan kerabat lainnya mengantar jenazah Ali ke liang lahat.

Iring-iringan itu melalui perjalanan sejauh 30 kilometer melintasi rumah berwarna 'pink' tempat Ali dibesarkan, hingga ke sebuah museum yang mengabadikan namanya. 

Di satu titik, ketika iring-iringan melintasi Muhammad Ali Boulevard terlihat pemandangan yang sangat menyentuh.

Saat iring-iringan panjang limousine hitam melintas, warga berjajar di tepian lintasan itu, seolah memagari perjalanan Ali.

Banyak dari mereka yang menaikkan kepalan tinjunya ketika mobil jenazah melintas. Ada pula yang berdiri di atas mobil sebagai bentuk penghormatan.

Sementara, terlihat beberapa orang berlarian bersama dengan mobil jenazah yang berjalan pelan, hanya untuk sekadar menyentuh kendaraan itu.  

Ya, setelah melalui prosesi hampir sepanjang hari, akhirnya jenazah "The Greatest" Muhammad Ali dikebumikan di tempat pemakaman Cave Hill.

Juara dunia tiga kali untuk kelas berat itu meninggal pekan lalu di usia 74 tahun, setelah melalui perjuangan panjang melawan penyakit parkinson.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.