Kompas.com - 10/06/2016, 14:43 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali terlihat merokok di depan umum untuk pertama kalinya sejak dua bulan terakhir, kendati negara itu sedang melancarkan kampanye anti-merokok.

Media pemerintah Korea Utara pekan ini memperlihatkan sang pemimpin itu dengan santai memegang rokok di tangan kanannya saat berkunjung ke sebuah acara anak-anak di Pyongyang.

Sebelum itu, selama beberapa pekan terakhir, dalam berbagai pemberitaan tentang Kim Jong Un, media setempat tak lagi menampilkan foto Kim yang sedang merokok atau memperlihatkan asbak di atas meja.

Kim Jong Un dikenal sebagai perokok berat dan analis BBC mengatakan dia mungkin hanya berhenti merokok pada tugas resmi demi pencitraan di depan kamera.

Kin terakhir terlihat merokok pada 15 Maret lalu saat menghadiri uji coba motor roket bikinan Korea Utara.

Foto yang kembali menampilkan Kim tengah merokok merupakan kejutan, karena negara itu sedang melancarkan apa yang oleh surat kabar pemerintah Rodong Sinmun disebut sebagai kampanye anti-tembakau di negara dengan jumlah perokok yang besar itu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2012 lebih dari setengah warga Korea Utara adalah perokok. Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, jumlah perokok di Korea Utara adalah salah satu yang tertinggi di Asia.

Merokok di negara ini hampir menjadi kebiasaan eksklusif kebiasaan laki-laki. Dan untuk menyampaikan pesan "dilarang merokok", stasiun televisi Korea Utara menyiarkan program 40 menit berjudul "Barang favorit kualitas ekstra yang mengancam hidup".

Dalam program itu diperlihatkan sosok perempuan menghardik perokok laki-laki, dan menyebut mereka sebagai "orang bodoh yang merusak lingkungan sekitar."

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.