Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahuan Pakai Celana "Spongebob SquarePants", Pesepak Bola Iran Dihukum

Kompas.com - 09/06/2016, 18:09 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Seorang pesepak bola Iran dilarang bermain selama enam bulan setelah foto dirinya mengenakan celana panjang yang diasosiasikan dengan tokoh kartun Spongebob SquarePants beredar di dunia maya.

Dia adalah penjaga gawang Sosha Makani (29), yang memperkuat timnas Iran pada Piala Dunia 2014 dan bermain untuk klub Persepolis di Liga Iran.

Menurut komite moral Federasi Sepak Bola Iran, Sosha dihukum setelah berulang kali tak memenuhi panggilan untuk menjelaskan cara berpakaiannya itu.

"Kami membuat keputusan ini berdasarkan cara berpakaian anggota tim nasional sepak bola ini dan dampaknya terhadap masyarakat," kata seorang pejabat yang tak mau disebut namanya.

Foto Sosha yang mengenakan celana panjang berwarna kuning cerah itu pertama kali muncul di dunia maya pada 6 Mei lalu.

Foto ini kemudian menjadi bahan olok-olok berbagai media Iran yang kemudian membandingkan Sosha dengan tokoh film kartun Spongebob SquarePants.

Awal tahun ini, juru bicara Federasi Sepak Bola Iran, Hojatoleslam Alireza Alipour, kepada kantor berita Tasnim, mengatakan, para tokoh publik harus menjaga perilaku mereka.

"Mereka, sadar atau tidak, adalah panutan bagi para pemuda," ujar Hojatoleslam.

Sejauh ini tak diketahui apakah hukuman larangan bermain itu terkait dengan penahanan Sosha Makani pada Januari lalu.

Saat itu dia sempat ditahan di penjara Evin Teheran setelah fotonya bersama seorang perempuan tak berkerudung juga beredar di dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com