Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Petinju yang Pernah Mengalahkan Muhammad Ali

Kompas.com - 09/06/2016, 14:45 WIB

KOMPAS.com — Meski diakui dunia sebagai seorang legenda tinju, Muhammad Ali juga pernah merasakan kekalahan. Lima petinju tercatat dalam sejarah pernah mengalahkan "The Greatest", siapa saja mereka?

1. Joe Frazier

Ali dan Frazier bertarung di Madison Square Garden, New York, pada 8 Maret 1971. Saat itu, Ali kalah angka dalam pertarungan ketat selama 15 ronde.

Dalam laga yang dijuluki sebagai "Fight of the Century" itu, Ali dan Frazier yang sama-sama belum terkalahkan memperebutkan gelar juara dunia tinju kelas berat.

Ini adalah kali pertama di dunia dua petinju yang belum terkalahkan dipertemukan di dalam ring.

Pertarungan ini menjadi panas karena Ali mengklaim dirinya adalah juara dunia yang sah setelah mengalahkan Sonny Liston pada 1964.

Namun, gelar itu dicopot karena Ali menolak ikut wajib militer. Pada saat kosong itulah, Joe Frazier merebut gelar juara dunia tersebut.

Dalam laga ini, kedua petinju mendapatkan uang 2,5 juta dollar AS, yang merupakan bayaran tertinggi di dunia saat itu.

2. Ken Norton

Dalam laga yang digelar di Sports Arena, San Diego, pada 31 Maret 1973, Ali kembali kalah angka dalam pertarungan keras selama 12 ronde.

Setelah menang dalam 10 laga terakhirnya, Ali menjadi favorit pada saat menghadapi Ken Norton, mantan marinir yang banting setir menjadi petinju.

Sayangnya, cedera pergelangan kaki ditambah gaya Ali yang terlalu meremehkan Norton membuat dia harus menelan kekalahan.

Bahkan, di ronde kedua, pukulan tangan kanan Norton berhasil mematahkan rahang Ali. Meski demikian, Ali berhasil menyelesaikan 12 ronde pertandingan meski Norton menguasai ronde terakhir pertandingan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com