Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Thailand Berhasil Hilangkan Transmisi HIV Ibu ke Anak

Kompas.com - 09/06/2016, 09:30 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Thailand telah menjadi negara pertama di Asia yang berhasil menghentikan transmisi HIV dari ibu ke anak.

WHO mengumumkan Thailand juga menjadi negara pertama dengan penderita HIV yang tinggi jumlahnya yang dapat memastikan generasi bebas AIDS.

"Kemajuan Thailand menunjukkan hal yang dapat dicapai ketika ilmu pengetahuan dan obat, didampingi dengan keberlangsungan kehendak politik," kata Direktur Eksekutif UNAIDS, Michel Sidibe seperti dikutip Kantor Berita AFP.

Tes HIV secara rutin dan obat gratis untuk wanita hamil dengan HIV dipandang sebagai kunci utama dalam menghentikan virus berpindah ke anak yang belum lahir.

Padahal jika tidak ditangani, maka kemungkinan ibu menularkan virus HIV ke bayinya mencapai 45 persen. Sementara risikonya akan berkurang drastis menjadi hanya satu persen, jika diberi obat.

Setiap tahun, 1,4 juta wanita penderita HIV di dunia menjadi hamil. Jumlah anak yang lahir dengan HIV setiap tahunnya mencapai 400.000 pada tahun 2009, namun pada tahun 2013 menurun menjadi 240.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com