Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Laki-laki Lahir Selamat dari Rahim Ibu yang Mati Otak

Kompas.com - 08/06/2016, 09:00 WIB

LISBON, KOMPAS.com - Seorang perempuan dalam kondisi mati otak melahirkan bayi laki-laki dalam kondisi sehat di Rumah Sakit Lisbon, Portugal, Selasa (7/6/2016) kemarin.

"Bayi ini lahir dengan berat 2,35 kilogram. Dia dilahirkan dalam usia kandungan 32 minggu tanpa adanya komplikasi, melalui operasi sesar," demikian bunyi pengumuman pihak RS Lisbon.

Seperti dikutip dari Kantor Berita AFP, ibu bayi tersebut dinyatakan mengalami mati otak sejak 20 Februari 2016 lalu. Sebelumnya dia menderita pendarahan otak.

Sementara itu, di laman BBC disebutkan, keputusan untuk melanjutkan kehamilan pascakondisi itu diambil setelah ada diagnosa bahwa kondisi janin dalam keadaan sehat. Suami dari wanita itu pun menyetujui keputusan tersebut.  

Pihak RS menyebutkan, keberhasilan operasi sesar ini sekaligus menjadi rekor terpanjang di Portugal, untuk janin yang tumbuh dan lahir selamat dari ibu yang mengalami mati otak.

Kasus serupa ini pernah terjadi di Wroclaw, Polandia, Januari lalu, ketika seorang bayi lahir dari ibu yang juga mengalami mati otak karena tumor.

Janin tersebut bertahan selama 55 hari di dalam rahim, sebelum berhasil dilahirkan.

Tercatat, berat bayi tersebut lahir dengan berat satu kilogram, dan sudah dapat kembali ke rumah pada bulan April lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com