Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Mati Setelah Selamatkan Tuannya dari Serangan Harimau

Kompas.com - 07/06/2016, 13:28 WIB

SHAHJAHANPUR, KOMPAS.com – Contoh tragis dari sebuah loyalitas dan persahabatan tanpa syarat telah dilakukan oleh seekor anjing milik seorang petani di India.

Anjing milik petani dari sebuah desa di dekat Taman Nasional Dudhwa, India, itu telah menghadang harimau untuk menyelamatkan tuannya yang sedang tidur.

Sadar dari tidurnya dan melihat anjing kesayangan tengah bertarung dengan harimau, tuannya pun kabur untuk menyelamatkan diri . Anjingnya kemudian temukan mati diserang harimau.

Harian Times of India (TOI), Senin (6/6/2016), melaporkan, insiden itu terjadi pada akhir pekan lalu di Desa Barbatpur, dekat kota Khutar, Distrik Shahjahanpur, Negara Bagian Uttar Pradesh.

Petani bernama  Gurdev Singh sedang tidur di tempat terbuka di luar rumahnya, Jumat (3/6/2016) malam.

Sedangkan anjing kesayangannya, Jacky yang berumur empat tahun, berbaring di samping tuannya itu.

Setelah mencium kedatangan seekor hamimau dari hutan Kheri Selatan, dekat dari rumah mereka, Jacky berusaha menyadarkan tuannya tentang adanya bahaya.

Saat petani yang sedang mengantuk berat itu terbangun dan masih berusaha untuk mencari akal untuk menyelamatkan diri, harimau justru menyerangnya.

Jacky pun ddengan sigap menghadang kucing besar itu, memberikan tuannya waktu yang cukup waktu untuk mengambil tongkat, meningkatkan kewaspadaan, dan bersiap untuk membela diri.

Sementara itu, anjing terus bertarung dengan harimau hingga terluka parah. Harimau itu kemudian menyeret anjing itu pergi menjauh.

Setelah keluarga Gurdev bergegas membantu, mereka pun berusaha mencari Jacky yang hilang itu. Bangkai anjing baru ditemukan pada waktu malam berikutnya.

Petugas jagawana memperingatkan warga Desa Barbatpur tentang keberadaan harimau di dekat mereka.

Sedangkan anggota keluarga yang berduka dan warga desa menguburkan anjing heroik itu.

“Induk Jacky adalah anjing liar dan anak-anak saya, Supreet dan Gulshanpreet, menemukannya empat tahun lalu saat anjing itu masih kecil,” kata petani tersebut. 

“Jacky adalah bagian dari keluarga kami dan biasanya menemani anak-anak ke sekolah. Gulshanpreet sangat sedih dan tidak makan seharian,” kata petani itu bersedih.

“Jacky memberikan hidupnya untuk saya. Saya berharap manusia bisa belajar darinya bagaimana mencintai orang lain dan menunjukkan pengabdian,” kata Gurdev kepada TOI.

Desa Barbatpur sangat dekat dengan hutan Kheri Selatan, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Dudhwa.

Sebagian besar dari lahan hutan telah dirambah oleh penduduk.

“Masuknya harimau ke desa tidak mengherankan.  Populasi kucing besar di hutan sangat tinggi dan mereka kadang-kadang keluar mencari makanan,” kata petugas jagawana,  SN Yadav, berbicara dengan TOI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com