Kompas.com - 06/06/2016, 20:08 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSUL, KOMPAS.com — Meski terus terdesak, kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) belum surut dalam melakukan kebrutalan. Bahkan, ISIS dikabarkan membakar hidup-hidup 19 gadis Yazidi di Mosul, Irak.

Kantor berita Kurdi ARA News mengabarkan, para perempuan Yazidi itu dimasukkan ke dalam sebuah kurungan besi sebelum kemudian dibakar hidup-hidup.

Ke-19 gadis Yazidi itu dieksekusi dengan cara brutal tersebut setelah mereka menolak untuk melakukan hubungan seks dengan para anggota ISIS.

"Mereka dihukum karena menolak berhubungan seks dengan anggota ISIS," kata Abdullah al-Malla, seorang aktivis lokal.

Seorang saksi mata, seperti dikutip ARA News, mengatakan, para gadis tersebut dibakar hidup-hidup di depan ratusan orang yang menonton kekejaman itu.

"Tak ada yang bisa berbuat apa pun untuk menyelamatkan mereka dari hukuman keji itu," ujar saksi mata tersebut.

Ribuan warga Yazidi menjadi tawanan ISIS ketika organisasi itu merebut kota Sinjar, Irak, pada Agustus 2014. Sementara itu, sebagian warga Yazidi yang berhasil kabur kini mengungsi ke wilayah yang dikuasai etnis Kurdi.

Saat ini, pasukan Pemerintah Irak sedang menyiapkan serangan besar-besaran untuk merebut kembali Fallujah. Tentara Irak sudah menguasai sebuah kota di selatan Fallujah dan bersiap untuk menyerang pusat kota itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.