Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicabut, Larangan Donor Darah bagi Kaum Gay dan Pria Biseksual

Kompas.com - 03/06/2016, 18:34 WIB

BELFAST, KOMPAS.com - PemerintahIrlandia Utara mencabut larangan bagi kaum gay dan pria biseksual untuk menjadi pendonor darah.

Menteri Kesehatan dari Partai Sinn Fein, Miccelle O'Neill -yang baru menduduki jabatannya selama sepekan, mengatakan, tidak ada lagi alasan yang mendukung agar larangan tersebut diteruskan.

Pencabutan larangan itu diumumkan saat O'Neill berkunjung ke Proyek Pelangi -sebuah LSM pegiat hak kaum gay dan lesbian- di Belfast, Kamis kemarin.

Dalam kunjungan itu, dia mengatakan, prioritas utama dari donor darah adalah keamanan dan keselamatan pasien.

Bagaimana pun, dia meminta calon donor mematuhi moratorium hubungan seks selama satu tahun sebelum menyumbangkan darah. Hal ini juga berlaku di kawasan Inggris Raya lain.

"Bahkan tes yang paling canggih tidak bisa diandalkan 100 persen. Jadi amat penting bagi setiap pendonor untuk menghormati peraturan yang berlaku atas mereka," kata dia seperti dikutip Kantor Berita AFP.

Larangan bagi kaum gay dan pria biseksual menjadi pendonor darah diterapkan sejak tahun 1980-an di Inggris Raya. Kala itu sedang terjadi fase krisis HIV/AIDS.

Namun, aturan itu kemudian dicabut pada tahun 2011, kecuali di Irlandia Utara.

Pencabutan larangan di Irlandia Utara akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com