Kompas.com - 12/05/2016, 19:01 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki bersiap untuk membersihkan sisi perbatasan Suriah-Turki dari anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), setelah sebuah kota perbatasan Turki kerap menjadi korban serangan roket.

"Kami melakukan semua hal yang diperlukan untuk persiapan pembersihan perbatasan karena masalah di kota Kilis," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan, Kamis (12/5/2016).

Sejak Januari lalu sekitar 24 orang warga kota perbatasan Kilis tewas akibat serangan roket yang dilepaskan ISIS.

Serangan roket ISIS itu biasanya langsung dibalas militer Turki dengan serangan artileri ke wilayah Suriah.

Turki, yang adalah anggota koalisi yang memerangi ISIS, juga mengizinkan jet-jet tempur AS menggunakan pangkalan udaranya di wilayah selatan negeri itu untuk menggelar serangan udara atas ISIS.

Namun, Erdogan mengeluhkan minimnya dukungan dari para sekutunya dalam perang melawan ISIS dan mengindikasikan negeri itu akan bertindak sendiri.

"Saat warga kami tewas setiap hari di jalanan kota Kilis akibat roket dari seberang perbatasan, apa yang bisa kami harapkan dari para sekutu Turki?" kata Erdogan.

"Saya tekankan, kami tak ragu untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk kepentingan kami," tambah Erdogan.

"Kami tak percaya ketulusan negara manapun yang belum pernah melihat roket -roket itu jatuh di London, Moskwa, Brussels, Washington, Paris atau Berlin," ujar Erdogan.

Sejumlah media Turki melaporkan sebanyak 20 personel militer Turki menyeberang perbatasan dan memasuki wilayah SUriah sepanjang akhir pekan lalu.

Mereka menjalankan misi intelijen untuk memetakan posisi peluncur roket ISIS yang nantinya akan dihancurkan serangan artileri angkatan darat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.