Kompas.com - 12/05/2016, 18:15 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tak hanya "berjuang" di medan pertempuran, tetapi juga membuka front di ranah digital.

Belum lama ini, ISIS dikabarkan merilis sebuah aplikasi pelajaran bahasa Arab untuk anak-anak, yang dilengkapi lagu-lagu perjuangan ISIS serta gambar-gambar tank, senapan, dan roket.

Aplikasi itu dipromosikan oleh departemen "Perpustakaan Semangat", dan aplikasi itu dijanjikan dapat mengajarkan huruf-huruf Arab bagi anak-anak.

Aplikasi yang diberi nama "Huroof" itu menggunakan suara musik yang lembut, tampil dalam warna-warna cerah dengan gambar bunga, balon, atau bintang.

Namun, tak lupa juga ditampilkan, bendera hitam khas ISIS yang berkibar di belakang berbagai gambar kartun itu.

Dalam aplikasi itu, huruf Arab "ba" ditampilkan dengan sebuah gambar senjata api, "dal" dengan tank, "ta" disandingkan dengan peluru, "sad" dengan roket, dan "sin" ditampilkan bersama sebilah pedang.

Peluncuran aplikasi ini dipublikasikan lewat laman pesan singkat ISIS dan situs bertukar dokumen pada Selasa (10/5/2016), dan hanya bisa diunduh lewat ponsel dengan basis Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.