Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Luncurkan Aplikasi Ponsel Pelajaran Bahasa Arab untuk Anak-anak

Kompas.com - 12/05/2016, 18:15 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tak hanya "berjuang" di medan pertempuran, tetapi juga membuka front di ranah digital.

Belum lama ini, ISIS dikabarkan merilis sebuah aplikasi pelajaran bahasa Arab untuk anak-anak, yang dilengkapi lagu-lagu perjuangan ISIS serta gambar-gambar tank, senapan, dan roket.

Aplikasi itu dipromosikan oleh departemen "Perpustakaan Semangat", dan aplikasi itu dijanjikan dapat mengajarkan huruf-huruf Arab bagi anak-anak.

Aplikasi yang diberi nama "Huroof" itu menggunakan suara musik yang lembut, tampil dalam warna-warna cerah dengan gambar bunga, balon, atau bintang.

Namun, tak lupa juga ditampilkan, bendera hitam khas ISIS yang berkibar di belakang berbagai gambar kartun itu.

Dalam aplikasi itu, huruf Arab "ba" ditampilkan dengan sebuah gambar senjata api, "dal" dengan tank, "ta" disandingkan dengan peluru, "sad" dengan roket, dan "sin" ditampilkan bersama sebilah pedang.

Peluncuran aplikasi ini dipublikasikan lewat laman pesan singkat ISIS dan situs bertukar dokumen pada Selasa (10/5/2016), dan hanya bisa diunduh lewat ponsel dengan basis Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com