Kompas.com - 11/05/2016, 16:31 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengeksekusi sejumlah anggotanya sendiri dengan cara dikubur hidup-hidup karena mencoba lari dari medan pertempuran.

Sejumlah komandan ISIS yang murka memerintahkan eksekusi brutal itu terhadap 45 anak buah mereka yang mundur dari pertempuran melawan pasukan Pemerintah Suriah.

"ISIS mengeksekusi anggotanya sendiri yang mundur dalam pertempuran di Al-Bashir dan mereka dikubur hidup-hidup dalam satu lubang di Qayyarah, provinsi Nineveh," ujar seorang sumber kepada situs IraqiNews.com.

Hukuman mengerikan ini biasa dilakukan ISIS untuk mencegah anggotanya melakukan disersi, apalagi saat ini ISIS mulai kekurangan anggaran sehingga tingkat disersi makin tinggi.

Berbagai hukuman brutal dijatuhkan kepada mereka yang tertangkap basah hendak kabur.

Bulan lalu dikabarkan, beberapa anggota ISIS dimasukkan ke dalam lemari es yang biasa digunakan untuk menyimpan jenazah.

Alhasil, para anggota ISIS yang naas itu mati perlahan-lahan beku di dalam lemari pendingin di kota Mosul, Irak.

Setelah sejumlah orang itu mati membeku, jasad mereka ditaruh di tepian jalan yang menuju pusat kota Mosul sebagai peringatan kepada yang lain.

Para analis Timur Tengah mengatakan, ISIS tengah meningkatkan kampanye propagandanya karena terus mengalami kekalahan, baik di Irak maupun Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.