Kompas.com - 10/05/2016, 12:24 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIJING, KOMPAS.com — Presiden China Xi Jinping menyampaikan ucapan selamatnya kepada Kim Jong Un atas gelar baru yang disandang pemimpin Korea Utara itu.

Seperti yang telah diberitakan, Kim Jong Un dinobatkan sebagai Ketua Partai dalam penutupan Kongres Partai Pekerja, Senin kemarin.

Partai Pekerja adalah partai yang berkuasa di Korut. Dengan jabatan ini, Kim Jong Un pun mengukuhkan diri sebagai pemegang pemimpin tertinggi di negeri itu.

Baca: Kim Jong Un Ditetapkan Jadi Ketua Partai Berkuasa

Kantor Berita China, Xinhua, seperti dikutip Associated Press, Selasa (10/5/2016), mengabarkan, Jinping yang juga adalah Kepala Partai Komunis China yang kini berkuasa mengungkapkan harapan atas terpilihnya Kim Jong Un.

Dia berharap, kepemimpinan Kim Jong Un dapat membawa prestasi baru yang memperkokoh bangunan sosialisme di Korut. 

Meskipun hubungan kedua negara tak bisa dikatakan landai, menurut Jinping, kesamaan paham komunis yang dianut keduanya merupakan bentuk pertemanan mendasar, bagai "harta karun bersama".

Lebih jauh, Jinping menegaskan, China siap untuk berdiri bersama Korut untuk membangun hubungan bilateral yang lebih baik.

"Demi memberi kontribusi dalam upaya menjaga perdamaian, stabilitas, dan pengembangan kawasan," kata dia.

Hingga saat ini, Kim Jong Un belum mengunjungi China meskipun negara itu adalah salah satu sumber sokongan utama bagi Korut di bidang ekonomi dan diplomasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.