Kompas.com - 10/05/2016, 09:19 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BAGHDAD, KOMPAS.com – Salah seorang pemimpin kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Provinsi Anbar, Irak, tewas akibat serangan udara pasukan koalisi.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan hal itu pada Senin (9/5/2016). Pemimpin ISIS dimaksud adalah Abu Waheeb, yang sebelumny adalah anggota Al Qaeda di Irak.

Pentagon mengklaim Abu Waheeb tengah bepergian menggunakan sebuah kendaraan di sebuah kota dekat Rutba, Provinsi Abar, ketika serangan koalisi AS dilakukan.

Selain Waheeb, ada tiga anggota milisi lainnya yang tewas dalam serangan udara AS itu.

“Akhir-akhir ini berbahaya menjadi pemimpin ISIL di Irak dan Suriah,” kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, merujuk nama lain kelompok ISIS.

Cook mengatakan, Waheeb adalah pemimpin militer bagi kelompok ISIS di Provinsi Anbar.

Waheeb lahir pada 1986 dan mengenyam pendidikan ilmu komputer. Ia kerap digambarkan dalam situs-situs pemantau sebagai tokoh yang naik daun di dalam lingkungan ISIS.

Menurut Cook, Wahee pernah ditangkap oleh pasukan AS di Irak dan divonis hukuman mati, namun lolos dari penjara pada 2012.

Setahun kemudian, nama Waheeb menjadi terkenal setelah membunuh sekelompok sopir truk asal Suriah yang sedang melintasi Irak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.