Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri ISIS Menyasar Anak-anak di Sebuah Restoran

Kompas.com - 10/05/2016, 06:49 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com – Sebuah bom mobil yang diklaim kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Baquba, ibu kota Provinsi Diyala, Irak timur, sehingga sedikitnya 16 orang tewas, Senin (9/5/2016).

Polisi dan paramedis mengatakan, ledakan itu juga melukai 54 orang. Pengebom meledakkan dirinya di dekat sebuah toko roti dan sebuah restoran di pusat kota Baquba.

Kantor berita Amaq, yang mendukung ISIS, mengatakan, seorang pengebom bunuh diri telah suskses menyerang pejuang dari milisi Muslim Syiah di Baquba. Diyala berada di perbatasan dengan Iran.

Namun, sumber mengatakan, korban tewas terbanyak dari serangan bom bunuh diri di dekat sebuah restoran dan toko roti itu adalah anak-anak yang sedang duduk makan.

Para pejabat Irak menyatakan, pasukan pemerintah telah berhasil mengusir ISIS dari Diyala lebih dari setahun silam.

Pencapaian itu terjadi setelah pasukan keamanan dan milisi Syiah mengusir mereka dari kota dan desa di Diyala, termasuk dari Baquba.

Namun, para pemberontak tetap aktif dan elemen milisi Syiah dituduh telah melakukan kekerasan sektarian.

Perang melawan ISIS telah memperburuk konflik sektarian yang telah lama terjadi Irak, yang melibatkan kelompok mayoritas dan minoritas. 

Bom bunuh diri di Baquba dan kota terdekat pada Januari lalu telah memicu serangkaian serangan yang tampaknya merupakan balasan terhadap kelompok minoritas melawan mayoritas.

Kekerasan sektarian juga mengancam akan merusak upaya yang tengah dirintis oleh Perdana Menteri Haider al-Abadi, seorang Muslim Syiah moderat, untuk mengusir kelompok militan dari daerah di utara dan barat yang diduduki senjak tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com