Kompas.com - 10/05/2016, 06:49 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BAGHDAD, KOMPAS.com – Sebuah bom mobil yang diklaim kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Baquba, ibu kota Provinsi Diyala, Irak timur, sehingga sedikitnya 16 orang tewas, Senin (9/5/2016).

Polisi dan paramedis mengatakan, ledakan itu juga melukai 54 orang. Pengebom meledakkan dirinya di dekat sebuah toko roti dan sebuah restoran di pusat kota Baquba.

Kantor berita Amaq, yang mendukung ISIS, mengatakan, seorang pengebom bunuh diri telah suskses menyerang pejuang dari milisi Muslim Syiah di Baquba. Diyala berada di perbatasan dengan Iran.

Namun, sumber mengatakan, korban tewas terbanyak dari serangan bom bunuh diri di dekat sebuah restoran dan toko roti itu adalah anak-anak yang sedang duduk makan.

Para pejabat Irak menyatakan, pasukan pemerintah telah berhasil mengusir ISIS dari Diyala lebih dari setahun silam.

Pencapaian itu terjadi setelah pasukan keamanan dan milisi Syiah mengusir mereka dari kota dan desa di Diyala, termasuk dari Baquba.

Namun, para pemberontak tetap aktif dan elemen milisi Syiah dituduh telah melakukan kekerasan sektarian.

Perang melawan ISIS telah memperburuk konflik sektarian yang telah lama terjadi Irak, yang melibatkan kelompok mayoritas dan minoritas. 

Bom bunuh diri di Baquba dan kota terdekat pada Januari lalu telah memicu serangkaian serangan yang tampaknya merupakan balasan terhadap kelompok minoritas melawan mayoritas.

Kekerasan sektarian juga mengancam akan merusak upaya yang tengah dirintis oleh Perdana Menteri Haider al-Abadi, seorang Muslim Syiah moderat, untuk mengusir kelompok militan dari daerah di utara dan barat yang diduduki senjak tahun 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.