Kompas.com - 09/05/2016, 17:46 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia, Senin (9/5/2016), menggelar parade militer besar-besaran di Lapangan Merah Moskwa untuk memperingati 71 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Sedikitnya 10.000 personel militer, tank dan sistem peluncur roket berparade di hadapan Presiden Vladimir Putin, para pejabat senior dan sejumlah veteran perang.

Dalam pidatonya di hadapan para tentara, memberi selamat atas perayaan yang secara tradisional mempersatukan bangsa Rusia dari berbagai aliran politik.

Putin juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menyeru kepada komunitas internasional untuk bersatu memerangi terorisme global.

"Kita harus mengatasi kejahatan ini dan Rusia sangat terbuka untuk menyatukan kekuatan dengan negara lain, kami siap bekerja untuk menciptakan sebuah sistem keamanan internasional yang modern dan tak berpihak," ujar Putin.

Dalam parade militer itu juga diramaikan dengan terbang lintas jet-jet tempur canggih Su-35 yang terlibat dalam serangan udara di Suriah.

Dalam perayaan kali ini, hanya terlihat Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev di samping Presiden Putin. Namun, tak terlihat para pemimpin dunia lain dalam acara tersebut.

Tahun lalu, para pemimpin Barat menolak undangan untuk menghadiri perayaan 70 tahun kemenangan atas Jerman terkait krisis Ukraina.

Saat itu, acara tersebut hanya dihadiri para pemimpin China, Kuba dan negara-negara sekutu Rusia.

Dalam Perang Dunia II diperkirakan 27 juta warga sipil dan tentara Uni Soviet tewas. Dan, kemenangan Tentara Merah dalam perang itu dianggap sebagai sebuah kebanggan besar bagi Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.