Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Narkoba Meksiko Dipindahkan ke Penjara Ciudad Juarez, Dekat Perbatasan AS

Kompas.com - 08/05/2016, 11:03 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

MEKSIKO, KOMPAS.com - Pihak berwenang Meksiko, Sabtu (7/5/2016) secara tiba-tiba memindahkan raja narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman dari sebuah penjara di luar Mexico City ke sebuah pusat penahanan dekat perbatasan dengan Amerika Serikat.

Pemindahan Guzman dari penjara berpengamanan ekstra ketat di Altiplano, pinggiran Mexico City, dikarenakan upaya peningkatan keamanan yang sedang berlangsung di fasilitas itu.

Guzman, bos kartel narkoba Sinaloa, pernah dua kali kabur dari penjara Meksiko dalam beberapa tahun belakangan ini. Ia dipindahkan di bawah pengamanan ketat ke Ciudad Juarez, yang dipisahkan sungai Rio Grande dari Negara Bagian Texas, AS.

Sebuah pernyataan pemerintah Meksiko mengatakan, pemindahan dari penjara Altiplano yang pengamanannya sangat tinggi itu dikarenakan upaya peningkatan keamanan yang sedang berlangsung di fasilitas itu.

Pemerintah menilai pemindahan itu sebagai bagian dari rotasi periodik yang dimulai tahun lalu terhadap para narapidana yang terlibat kasus-kasus besar.

Pengamat keamanan Meksiko, Alejandro Hope, mengatakan, bahwa pihak berwenang mungkin khawatir Guzman akan kabur lagi. 

Gembong Kartel Sinaloa itu, yang kekuasaannya terentang sampai ke seluruh dunia, telah berada di penjara itu selama 17 bulan sejak ditangkap kembali pada Februari 2014.

Namun, ia kemudian kabur lagi pada Juli 2015 lalu melalui sebuah terowongan di bawah kamar mandi sel penjaranya.

Pelarian Guzman saa itu mempermalukan pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto. Polisi pun kemudian memburu dan menangkapnya lagi pada Januari 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com