Kompas.com - 06/05/2016, 18:28 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

REYKJAVIK, KOMPAS.com – Seorang pria transgender telah melahirkan seorang bayi perempuan. Ia mengetahui dirinya hamil tak lama setelah mulai hidup sebagai laki-laki. Sebelumnya ia memang seorang perempuan.

Pria transgender itu bernama Henry Steinn (19), warga Islandia. Media khusus komunitas gay Islandia, Gay Iceland, Kamis (5/5/2016), melaporkan, ia melahirkan lewat bedah sesar, 13 April lalu.  

Steinn mengaku, ia menemukan dirinya hamil hanya beberapa minggu sebelum ia mendapat terapi hormon testosteron atau sesaat setelah mulai menjalani hidup sebagai laki-laki.

“Saya menyayanginya. Saya dari keluarga besar dengan banyak bayi. Anak saya ini adalah cucu ke-10 ibuku dan seingat saya, saya ingin punya anak,” kata Steinn tentang bayinya dan peran barunya sebagai ayah.

Namun, peran keayahan Steinn jelas mengalami sedikit berbeda dari kebanyakan orang lain.

“Saya harus diinduksi. Lalu harus berada 26 jam di labor sebelum saya dibedah sesar. Pada akhirnya saya juga lelah, tapi semua berjalan baik dan kami berdua menjalaninya dengan baik,” katanya.

Steinn mengaku mencintai peran barunya sebagai ayah. Namun, ia mengatakan akan menyusui bayinya sampai pada akhirnya merasa sudah cukup.

Pria transgender itu mengatakan, ia sebenarnya sudah melakukan konsultasi dengan baik dan mulai menjalani hidup sebagai seorang pria.

Setelah pelayanan hormon testosteron telah berjalan satu atau dua bulan, ia mendapati dirinya sudah hamil.

Kepada Pink News, Steinn sempat mengatakan, bahwa ketika mengetahui dirinya hamil ia mengalami ‘sedikit syok’ ketika ia mulai curiga dan mengetahui dirinya hamil.

Namun, kemudian ia menguba pikirannya dan melibat kehamilan itu sebagai ‘sebuah kesempatan untuk memiliki bayi sendiri’.

Meskipun situasi itu tidak biasa, petugas kesehatan sangat bersimpati dan ia mengalami beberapa masalah. Kini Steinn mulai terbiasa menjalani peran barunya sebagai ayah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.