Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 2 Bulan di Laut Lepas, 1 Nelayan Ditemukan Hidup

Kompas.com - 06/05/2016, 11:00 WIB

HONOLULU, KOMPAS.com - Seorang nelayan Kolombia ditemukan selamat setelah selama lebih dari dua bulan hilang di laut. Nelayan itu kemudian dibawa ke Honolulu, Hawaii.

Seperti diberitakan Associated Press, Jumat (6/5/2016), Dinas Penerangan Angkatan Laut Kolombia mengidentifikasi nelayan tersebut adalah Javier Eduardo Olaya.

Sebelumnya, dia bersama tiga rekannya asal Ekuador, mencari ikan di kawasan cagar alam, dekat Pulau Malpelo, lepas pantai Kolombia.

Namun mesin kapal yang mereka gunakan rusak, dan perahu itu pun terbawa arus hingga ke laut lepas.  

Dalam konferensi pers di Honolulu, Javier mengaku bahagia masih bisa selamat dan kembali ke daratan. Lelaki berusia 29 tahun itu berbicara dengan bantuan penerjemah dari petugas penjaga pantai AS, Simey Luevano. 

"Dia berterimakasih kepada mereka yang telah menolongnya. Dia juga memanjatkan syukur kepada Tuhan untuk keselamatan ini," kata Simey Luevano, menerjemahkan Javier dalam wawancara singkat yang direkam petugas penjaga pantai. 

"Dia pun menyampaikan rasa duka atas apa yang dialami tiga rekan sepelayarannya," kata Simey. 

Dalam wawancara itu, Javier mengaku bertahan hidup selama leih dari dua bulan, dengan memakan ikan dan burung camar.

Dia pun menyebut, tiga kawannya meninggal di tengah laut. Namun jasad mereka tak ada di dalam kapal yang terkatung-katung itu.

Seorang pejabat Angkatan Laut Kolombia mengatakan, kapal yang ditumpangi keempat nelayan itu tak pernah dilaporkan hilang. Mereka juga menyebut kapal itu tak pernah terdaftar di Kolumbia.

Awalnya, sebuah kapal dagang melihat perahu tersebut sekitar 2.000 mil di tenggara Hilo, wilayah Hawaii, pada akhir April.

Namun, baru pada Rabu lalu, awak kapal Nikkei Verde mengangkat Javier. Kapal besar itu, memindahkan Javier ke speedboat penjaga pantai yang kemudian membawanya ke Honolulu.

Dalam rekaman video terlihat Javier mengenakan kaos, celana jins dan topi baseball, lengkap dengan rompi keselamatan, menuruni tangga kapal masuk ke perahu penjaga pantai. 

Konsulat Kolumbia di San Fransisco telah menolong warganya ini dengan membayar semua pembiayaan untuk Javier kembali ke kampung halamannya. Saat ini, dia sudah bersama istri dan keluarganya lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com