Kompas.com - 05/05/2016, 18:43 WIB
EditorErvan Hardoko

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Sebuah pusat pendidikan di kota Kopenhagen, Denmark memerintahkan tiga siswinya agar tak lagi mengenakan cadar saat berada di dalam kelas.

Sekolah VUC Lyngby yang berada di wilayah utara Kopenhagen itu mengatakan, peraturan sekolah diubah pada musim gugur lalu yang salah satu isinya adalah tak mengizinkan siswi menutupi wajahnya selama berada di dalam kelas.

Masalah ini kemudian menjadi perhatian publik setelah media massa melakukan penelusuran berdasar sebuah komentar di akun Facebook sekolah tersebut.

VUC Lyngby menanggapi masalah ini dan menjelaskan sekolah itu terbuka bagi siapa saja dan tak ada yang diusir dari kelas karena mengenakan cadar.

Namun, manajemen sekolah menambahkan, kebijakan baru ini akan diterapkan untuk semua mahasiswa baru di sekolah tersebut.

"Sebuah komunikasi yang bebas dan tanpa halangan hanya bisa terjadi saat kita bisa saling melihat wajah satu sama lain. Sehingga tak diizinkan untuk menutup mata, hidung atau mulut saat berada di dalam kelas," demikian posting di akun resmi sekolah itu.

Manajemen sekolah mengatakan telah memberi tawaran kepada keenam siswi bercadar itu untuk mengikuti pelajaran secara online.

Salah seorang petinggi sekolah Inge Voller kepada harian Metroxpress mengatakan, kebijakan baru itu sama sekali tak berlatar belakang keagamaan.

"Ini bukan masalah agama atau etnis namun terkait proses belajar, karena kami adalah sebuah institusi pendidikan," ujar Inge.

"Kebijakan ini adalah upaya untuk menciptakan proses belajar terbaik dan kami yakin seseorang bisa melakukan yang terbaik saat mereka bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain," tambah Inge kepada harian Copenhagen Post.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.