Indonesia Jadi Tuan Rumah Hari Kebebasan Pers Dunia 2017 - Kompas.com

Indonesia Jadi Tuan Rumah Hari Kebebasan Pers Dunia 2017

Kompas.com - 04/05/2016, 20:53 WIB
Narendra Hutomo Dalam beberapa saat lagi, kota Helsinki akan mejadi tuan rumah bagi World Press Freedom Day (WPFD) 2016 yang akan dimulai pada pukul 9 waktu setempat (3/5/2016), di Finlandia Hall, Helsinki. Konfrensi tersebut akan berjalan selama dua hari, dari tanggal 3 – 4 Mei.

HELSINKI, KOMPAS.com - Negara penyelenggara peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia atau World Press Freedom Day (WPFD) 2016, Finlandia, secara resmi menyerahkan mandat kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah acara tersebut pada 2017.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Finlandia, Sanni Grahn-Laasonen menyerahkan mandat kepada Duta dan Delegasi Permanen Republik Indonesia bagi UNESCO, Hotmangaradja Pandjaitan.

"Warga Indonesia merasa terhormat karena dipercaya menjadi penyelenggara Hari Kebebasan Pers Dunia tahun depan," kata Hotmagaradja dalam sambutan setelah serah terima.
Dia mengatakan, pemerintah Indonesia dan Dewan Pers akan berusaha untuk mengelola acara itu dengan baik.

Mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari menutup acara serah terima ini sekaligus menutup WPFD 2016.

Menurut Martti, kebebasan pers dan berekspresi adalah bagian penting untuk mencegah munculnya pemerintahan diktator dan kejam.  "Pelanggaran kebebasan pers dan ekspresi seharusnya tidak ditoleransi," katanya.

Namun, Martti juga mengingatkan wartawan perlu mempertimbangkan dampak berita yang dibuatnya sebelum mempublikasikannya demi menjaga perdamaian.

(Jennifer Sidharta, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara melaporkan dari Helsinki untuk Kompas.com)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAmir Sodikin
Close Ads X