Kompas.com - 03/05/2016, 17:30 WIB
EditorAmir Sodikin

HELSINKI, KOMPAS.com - Lampu paggung mulai redup dan para partisipan duduk dengan rapi di tempat duduk masing-masing. Tak lama kemudian satu lampu menerangi dua pebalet lihai menari mengisi tiap sudut panggung.

Tarian bernama “Swan of Tuonela” itu membuka World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Dunia 2016 pada Selasa (3/5/2016) dengan suasana khas Finlandia.

Tarian balet yang berasal dari Suomen Kansallisbaletti (Finnish National Ballet) itu mengantarkan pesan mendalam di pembukaan acara tahunan UNESCO.

Terlebih lagi penampilan dua pebalet itu diciptakan secara elegan dan klasik oleh koreografer Imre Eck. Tak hanya itu, penampilan mereka juga diiringi musik yang diaransemen oleh Jean Sibelius.

Narendra Hutomo Tarian balet berjudul “Swan of Tuonela” membuka World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Dunia 2016 di Helsinki, Finlandia, pada Selasa (3/5/2016).
Suomen Kansallisbaletti adalah firma balet profesional di Finnish National Opera, Helsinki, Finlandia. Tempat itu didirikan pada tahun 1922 dan penarinya berjumlah 73 orang sekarang.

Suomen Kansallisbaleti merupakan satu-satunya firma Finlandia yang menampilkan tarian klasik atau tradisional Finlandia.

Ketua Suomen Kansallisbaleti sekarang bernama Kenneth Greve. Ia menjabat sejak 2008 lalu menggantikan Dinna Bjørn (2001-2008).

(Annisa Meidiana, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, melaporkan dari Helsinki untuk Kompas.com)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.