Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Zaventem Kembali Beroperasi dengan Tiga Penerbangan Perdana

Kompas.com - 02/05/2016, 20:36 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com – Sebagian terminal keberangkatan Bandara Zaventem, Brussels, Belgia, mulai beroperasi lagi pada Minggu (1/5/2016), waktu setempat.

Pengoperasian kembali terminal tersebut  terjadi 40 hari setelah serangan bom bunuh diri pada 22 Maret lalu.  Dua ledakan bom bunuh diri terjadi di Bandara Zaventem.

Selain di Zaventem, satu bom bunuh diri juga meledak di stasiun metro atau kereta bawah tanah Maelbeek di pusat kota Brussels.

Tiga ledakan di dua tempat berbeda itu menewaskan total 32 orang.

"Kita kembali pada pemandangan familiar dari para penumpang di terminal keberangkatan," kata Kepala Bandara Zaventem,  Arnaud Feist, saat acara pembukaan kembali bandara seperti dilaporkan Agence France-Presse, Senin (2/5/2016).

Bendera Belgia dipasang di sisi panggung upacara. Selain itu juga tercantum tanggal kejadian dan ucapan penghormatan untuk para korban.

Pesan dari berbagai bahasa itu berbunyi  “cinta mengalahkan kebencian” dan “kekerasan takkan pernah menjadi jawaban”.

Di lantai di depan panggung bersebaran buket bunga, lilin, foto para korban, dan pesan-pesan yang disampaikan kepada mereka.

Sekitar 400 penumpang untuk tiga penerbangan yang boleh check-in di terminal keberangkatan yang dibuka kembali pada Minggu (1/5/2016) sore.

Sedangkan suasana di ruang keberangkatan bandara sangat sepi jika dibanding suasana hiruk-pikuk yang lazim terjadi sebelum serangan bom itu terjadi.

Penerbangan yang mulai beroperasi antara lain maskapai Brussels Airlines dan Jetairfly, yang secara ofisial disebut TUI Airlines Belgium.

Tiga kota tujuan penerbangan adalah Malaga, Palma de Mallorca, dan Lisbon. 

“Kami yang pertama di sini, kami tidak tahu akan seperti ini, kami mendengarnya di televisi pagi ini,” ucap warga Belgia, Jeanine Lauwen (61),

“Rasanya sangat sedih ada di sini,” kata wanita tua itu sambil melihat karangan bunga duka cita di bawa panggung sebelum ia terbang menuju Malaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com