Kompas.com - 02/05/2016, 06:30 WIB
EditorAmir Sodikin

HELSINKI, KOMPAS.com - Bagaimana jika buruh dan pelajar turun ke jalan secara serentak? Gabungan antara solidaritas dan pesta adalah jawabannya.

Setidaknya itulah yang terjadi di suatu malam di Helsinki, Finlandia. Malam itu, Sabtu (30/4/2016) waktu setempat, menjelang perayaan Hari Buruh Internasional, menjadi malam yg meriah bagi kota yang tak terlalu ramai tersbut.

Sekitar pukul sepuluh malam waktu setempat, suasana mulai gelap.  Remaja-remaja membanjiri jalanan Rautatientorin, sebuah daerah di kota Helsinki.

Mereka berjalan bergerombol, mengenakan atribut-atribut tidak biasa dan membawa aneka perlengkapan. Para pelajar itu sedang merayakan Vappu.

Vappu merupakan perayaan kelulusan, bukan hanya bagi para remaja Helsinki, namun juga bagi seluruh pelajar SMA di Finlandia.

Selain itu, kegiatan itu juga mereka maknai sebagai bentuk solidaritas bagi para kelas pekerja. Itu mengapa Vappu dirayakan semalam sebelum May Day.

“Acara ini pada dasarnya untuk merayakan kelulusan para remaja dari sekolah, dan juga sebagai hari raya para kelas pekerja dari seluruh Finlandia,” kata Yoanna (23), seorang remaja Helsinki yang sudah lama lulus namun masih ikut merayakan Vappu di keramaian Rautatientorin.

Acara ini dimulai pada pukul enam sore tanggal 30 April setiap tahunnya yang ditandai dengan peletakan topi putih di atas patung Havis Amanda di Helsinki. Setelah itu, acara pun berlanjut ke agenda utama, yaitu malam Vappu.

Pada malam Vappu, semua aktivitas yang dilakukan oleh para remaja yang merayakannya memiliki satu prinsip, yaitu sukacita. Mereka biasanya melakukannya dengan berpesta di jalanan, atau bahkan menghadari perayaan yang digelar oleh pemerintah setempat pagi para remaja di daerah tersebut.

Salah satu tradisi dari Vappu adalah meminum sima, sebuah minuman tradisional berkadar alkohol rendah yang merupakan fermentasi dari air dan madu. Walaupun mudah ditemukan dalam kemasan di banyak toko sekitar Finlandia, sima biasanya hanya dikonsumsi saat perayaan Vappu saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.