Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang di Norwegia Bunuh Seekor Zebra untuk Santapan Harimau

Kompas.com - 28/04/2016, 10:25 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Kebun binatang Kristiansand, Norwegia menghadapi hujan kritik setelah dikabarkan membunuh seekor zebra untuk dijadikan santapan harimau di hadapan para pengunjung.

Bangkai zebra yang sudah tak berkepala itu ditempatkan di kebun binatang Kristiansand dan suaka harimau Amusement Park, pekan lalu.

Pihak manajemen kebun binatang mengatakan, mereka terpaksa melakukan eutanasia terhadap zebra itu karena populasi hewan itu terlalu banyak.

Lembaga penyiaran publik Norwegia NRK mengabarkan, kecaman membanjiri kebun binatang itu setelah foto yang diambil seorang pengunjung tersebar di media sosial.

"Insiden itu sangat mengerikan dan traumatik bagi anak-anak," kata seorang pengguna Facebook.

"Agak sedikit mengerikan untuk saya. Hewan memangsa hewan, namun saya kira tidak akan menyaksikannya di kebun binatang," ujar netizen lainnya.

Namun, dokter kebun binatang membela tindakan yang dilakukan kebun binatang itu dan mengatakan hal yang alami seekor hewan predator memangsa hewan lain.

"Saya memahami reaksi pengunjung, namun sangat normal seekor harimau atau singa menyantap mangsa mereka," kata Rolf-Ann Olberg, dokter di kebun binatang Kristiansand.

"Kami menjelaskan hal ini dan para pengunjung memahami bahwa inilah cara kerja alam. Kita tak boleh menutupi bahwa predator memang memangsa hewan lain," tambah Olberg.

Kejadian serupa pernah terjadi pada September tahun lalu di kebun binatang Kopenhagen, Denmark yang memutuskan untuk mengakhiri hidup Marius si jerapah karena tak menemukan rumah baru untuk hewan itu.

Bangkai Marius kemudian dipotong-potong dan diberikan kepada singa di kebun binatang tersebut, juga di hadapan para pengunjung kebun binatang.

Keputusan itu memicu kecaman setelah diketahui setidaknya dua suaka margasatwa bersedia menampung Marius dan seorang miliarder bersedia membeli jerapah itu dengan harga 415.000 poundsterling..

Dalam sebuah film dokumenter yang disiarkan BBC belum lama ini, diperkirakan antara 3.000-5.000 ekor hewan dibunuh di berbagai kebun binatang di Eropa setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com