Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Lukisan Palsu Digelar di Argentina

Kompas.com - 28/04/2016, 07:00 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Sebuah pameran unik dibuka di ibu kota Argentina, Buenos Aires. Pameran ini menjadi unik karena menampilkan puluhan lukisan palsu.

Di galeri ini pengunjung bisa melihat lukisan-lukisan yang mirip dengan karya para seniman ternama dunia, namun sayang semuanya adalah tiruan.

Salah satunya adalah sebuah masterpiece dari pelukis kenamaan Argentina, Antonio Berni. Namun, dalam kepala sang model terpotong oleh bingkai lukisan.

Semua 40 lukisan yang dipamerkan ini merupakan hasil sitaan agen kepolisian internasional, Interpol dari sekelompok pemalsu lukisan.

Secara keseluruhan, polisi menyita 240 lukisan tiruan para seniman Amerika Latin yang siap dijual lengkap dengan sertifikat palsu.

"Beberapa lukisan ditiru dengan sangat gegabah, namun beberapa lainnya sangat bagus," kata kurator pameran, Mario Naranjo yang juga pejabat di Kementerian Keuangan Argentina.

Mario menambahkan, jika diuangkan seluruh lukisan yang dipamerkan ini bernilai setidaknya 600.000 dolar AS, namun tujuan utama pameran ini adalah meningkatkan kesadaran terkait pemalsuan karya seni.

"Kejahatan semacam ini menghasilkan uang jutaan dolar. Pemalsuan benda seni adalah kejahatan paling menguntungkan setelah penjuaan senjata dan obat terlarang," tambah Mario.

Beberapa lukisan ditiru hingga sangat detil, bahkan sejumlah lukisan dilengkapi beberapa lubang kecil agar terlihat sudah dimakan rayap.

Pameran ini berlangsung hingga pertengahan Mei di kantor kementerian keuangan di Buenos Aires. Setelah pameran usai, semua karya seni palsu itu dikembalikan ke Interpol untuk dihancurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com