Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Bocah Kulit Hitam Korban Penembakan Polisi Kulit Putih Dapat Santunan Rp 78,5 Miliar

Kompas.com - 26/04/2016, 17:37 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com — Keluarga seorang bocah laki-laki yang tewas ditembak polisi di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, dua tahun silam, kini menerima santunan sekitar Rp 78,5 miliar.  

Tamir Rice, anak laki-laki kulit hitam berusia 12 tahun, tewas ditembak polisi kulit putih di Cleveland, Ohio pada tahun 2014.

Penembakan empat tahun silam di Cleveland terhadap anak laki-laki keturunan Afrika itu telah menimbulkan kemarahan dan kerusuhan di AS.  

Keluarganya menerima uang santunan sebesar 6 juta dollar AS atau setara Rp 78,5 miliar.

Pengacara keluarga korban, Subodh Chandra, mengatakan, uang santunan tersebut "tidak ada artinya dibandingkan dengan kematian anak berusia 12 tahun itu".

Gugatan itu berisi tuduhan bahwa polisi bertindak sembrono. Polisi bernama Timothy Loehmann telah menembak Rice, dua detik setelah tiba di lokasi kejadian dengan mengendarai mobil.

Keluarga Rice menggugat pemerintah kota Cleveland atas peristiwa itu. Para petugas polisi kota dan orang yang terlibat juga digugat.

Para polisi itu terlibat dalam memberikan tanggapan terhadap panggilan telepon darurat 911 dari seorang laki-laki di dekat tempat bermain Tamir Rice.

Penelepon itu melaporkan adanya seorang laki-laki "mungkin remaja, yang sedang menodongkan senjata api ke orang-orang, dan mungkin senjata api itu palsu".

Namun, polisi hanya mendapat informasi bahwa ada seorang laki-laki bersenjata api di lokasi.

Tamir Rice memang sedang bermain dengan senjata mainan yang terbuat dari plastik jenis airsoft gun yang melepaskan peluru-peluru plastik tidak berbahaya saat itu.

Penembakan terhadap Tamir Rice terjadi di tengah ketegangan rasial di AS. Juri akan mengumumkan bahwa polisi kulit putih bersalah atas penembakan fatal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com