Kompas.com - 25/04/2016, 05:30 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Seorang jurnalis Belanda ditangkap di kediamannya di kota Kusadasi, Turki, Minggu (24/4/2016), setelah dia dianggap menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan lewat akun Twitter-nya.

"Polisi di pintu depan rumah. Saya tidak bercanda," kata Ebru Umar, jurnalis yang juga dikenal sebagai feminis terkemuka di Belanda.

Sebelumnya, Ebru Umar menulis sebuah artikel berisi kritikan kepada Erdogan untuk harian terbitan Belanda, Metro. Sebagian tulisan itu kemudian dibagi Ebru lewat akun Twitter-nya.

"Saya tidak bebas, kami akan pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan sebelum saya diperiksa jaksa," ujar Ebru dalam cuitan keduanya setelah meninggalkan rumahnya.

Kementerian Luar Negeri Belanda mengatakan, melakukan hubungan intensif dengan Ebru dan pemerintah setempat.

Kedutaan Besar Belanda di Turki juga secara aktif terus mengawasi kasus yang menimpa sang jurnalis itu.

Ebru Umar, yang kabarnya menjadi jurnalis di bawah pengaruh Theo van Gogh seorang sutradara kontroversial asal Belanda.

Di harian Metro, Ebru menulis soal masalah diplomatik antara Turki dan Belanda, pekan ini.

Masalah itu dipicu konsulat Turki menyurati sebuah organisasi negeri itu yang berada di Belanda untuk melaporkan semua surat elektronik atau status media sosial yang dinilai melecehkan Erdogan.

Langkah itu membuat PM Belanda Mark Rutte berencana menanyakan hal tersebut kepada pemeritah Turki karena merasa tak mengerti apa tujuan pemerintahan Erdogan melayangkan perintah seperti itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.