Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Istana Windsor, Obama Disopiri Suami Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 22/04/2016, 23:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Biasanya, anggota Secret Service tak mengizinkan Presiden Barack Obama menggunakan mobil biasa dengan pengemudi yang tak berpengalaman. Namun, pada Jumat (22/4/2016), aturan tersebut tak berlaku.

Saat Presiden Obama dan istrinya, Michelle, tiba di Istana Windsor, Inggris, keduanya mendapatkan jemputan istimewa begitu turun dari helikopter Marine One.

Penjemput Obama dan Michelle tak lain adalah Ratu Elizabeth II dan suaminya yang sudah berusia 94 tahun, Pangeran Philip, yang sekaligus menjadi sopir mobil yang digunakan untuk menjemput Obama.

Obama dan Pangeran Philip, atau yang dikenal dengan nama resmi Duke of Edinburgh, duduk di kursi depan mobil Range Rover itu, sementara Ratu Elizabeth II menemani Michelle Obama di kursi belakang.

Ini adalah kunjungan kelima Obama, sebagai Presiden, ke Inggris. Para pengawalnya mengatakan, Obama sangat menikmati pertemuan dengan monarki yang paling lama berkuasa itu dan telah menerima semua presiden AS sejak Harry Truman.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip kemudian menggelar jamuan makan siang untuk kedua tamu mereka itu di Istana Windsor, yang merupakan kediaman akhir pekan Ratu yang berlokasi di sebelah barat kota London.

Ratu Elizabeth berada di istana itu untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-90, yang jatuh pada Kamis (21/4/2016).

Kunjungan ke Istana Windsor ini juga menjadi bagian kunjungan terakhir Obama ke Inggris sebagai Presiden AS.

Dalam kesempatan itu, Obama memberi hadiah ulang tahun kepada Ratu Elizabeth II berupa foto album khusus yang menunjukkan sang ratu bersama para presiden dan ibu negara AS.

"Koleksi foto bersejarah di dalam album tersebut menegaskan hubungan dekat antara AS dan Inggris," demikian pernyataan Gedung Putih.

Ratu Elizabeth II kali pertama berkunjung ke AS pada 1951, sebelum dia memulai masa pemerintahannya yang panjang. Satu-satunya presiden AS yang belum ditemui Ratu Elizabeth II adalah Lyndon B Johnson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com