Kompas.com - 21/04/2016, 19:34 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Hamas mengerahkan pasukan ke perbatasan Mesir-Gaza untuk menanggapi kekhawatiran Pemerintah Mesir terkait keberadaan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), di kawasan semenanjung Sinai.

Sebelumnya, Pemerintah Mesir menuduh Hamas membiarkan kelompok ISIS yang ada di Gaza menyokong keberadaan anggota ISIS di SInai untuk membuat persembunyian melalui jalur bawah tanah. Namun Hamas membantah. 

Pada Kamis (21/4/2016), pasukan bersenjata Hamas menjaga kawasan perbatasan sepanjang 13 kilometer.

Pasukan Hamas mengatakan, pengerahan pasukan ini merupakan bagian dari kesepakatan yang dicapai dengan Mesir bulan lalu.

Sejumlah analis, seperti diberitakan Associated Press, menyebut langkah ini sebagai kerjasama unilateral dari Hamas untuk menunjukkan semacam jaminan kepada Kairo.

Sebelumnya, hubungan antara Hamas dan Mesir memburuk setelah 2013 terjadi penggulingan militer terhadap Presiden Mohammed Morsi. Hamas dan partai Ikhwanul Muslimin Morsi ini adalah sekutu dekat.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.